Politisi Belia Yolantri Nenometa Apresiasi Aksi Protes Warga Desa Nano dan Respon Kades

KABARAKYAT.id, SoE — Sejumlah warga Desa Nano, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mendatangi Kantor Desa (Jumat, 26/3/2021). Mereka membawa poster-poster bertuliskan pernyataan protes terhadap ketidakberesan tiga proyek yang dibiayai Dana Desa Nano tahun anggaran 2019. Ketiga proyek itu adalah sumur bor, embung, dan jalan sepanjang 500 meter.

Aksi protes diinisiatifi Iba Tamelan. Sebelumnya, Rabu, 24 Maret, Iba Tamelan melakukan aksi protes seorang diri. Iba memindahkan toren penampung air di halaman Kantor Desa Nano ke badan jalan di depannya.

Rupanya aksi Iba berhasil menarik perhatian dan dukungan warga dalam bentuk aksi unjukrasa lanjutan pada Jumat, 26 Maret.

”Saya mewakili masyarakat, menyampaikan bahwa kami sama sekali tidak puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa karena kami sama sekali tidak pernah menikmati program-program tersebut. Jadi kami masyarakat meminta agar pemerintah desa mengembalikan uang masyarakat,” kata Iba, bertindak sebagai juru bicara, saat berdialog dengan Kepala Desa Nano, Imanuel Kamlasi.

Menanggapi protes dan tuntutan warga, Kades Imanuel Kamlasi menyatakan berterima kasih.

“Saya atas nama Pemerintah Desa dan selaku Kepala Desa Nano berterima kasih karena masyarakat sudah mengoreksi kami. Kami minta masyarakat untuk bersama-sama kami, sehingga bisa membantu menyelesaikan semua kegiatan yang masih terbengkalai,” kata Imanuel.

Imanuel juga menyampaikan permohonan maaf atas proyek pembangunan yang terbengkelai dan berjanji akan segera menghubungi kontraktor pelaksana untuk menyelesaikan proyek tersebut. Imanuel menjanjikan waktu seminggu bagi dirinya untuk bertemu kontraktor.

Rupanya peristiwa di Desa Nano mendapat perhatian politisi belia Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Yolantri Nenometa (19). Mahasiswa dan atlet Taekwondo yang menjabat Bendahara Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PRIMA TTS ini menyampaikan penghargaannya kepada masyarakat Desa Nano dan kepada Kepala Desa Nano.

Yolantri Nenometa, 19 tahun. Mahasiswa, atlet Taekwondo, dan bendahara DPK Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Kabupaten Timor Tengah Selatan.

“PRIMA sangat mengapresiasi aksi masyarakat di Desa Nano. Salah satu program perjuangan PRIMA adalah mendorong lebih banyak penerapan demokrasi langsung, di mana rakyat dapat secara langsung terlibat merumuskan kebijakan tanpa harus melalui lembaga perantara. Hal ini sangat mungkin diterapkan di desa sebagaimana diatur di dalam UU Desa,” kata Yolantri.

“Aksi protes masyarakat Desa Nano patut dicontohi warga desa lain sebab itu menunjukkan partisipasi rakyat, bukan saja dalam perencanaan pembangunan desa tetapi juga di dalam pengawasannya,” lanjutnya.

Yolantri juga mengapresiasi sikap Kepala Desa Nano, Imanuel Kamlasi yang merespon protes warga secara positif.

“Tindakan Kades Imanuel patut diacungi jempol sebab bersedia menerima protes warga dan segera menindaklanjutinya. Kita butuh  banyak figur kepala desa yang demokratis seperti ini. Apa yang terjadi di Desa Nano sangat baik menjadi contoh di desa-desa lain,” kata Yolantri.***


Penulis

Deni Pobas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *